Banyak orang yang sampai sekarang belum mengerti pentingnya sebuah asuransi, dan bahkan sampai sekarang pun masih banyak orang yang “alergi” dengan asuransi akibat dari agen-agen asuransi yang tidak bertanggung jawab ataupun dari perusahaan yang tidak memberikan manfaat dengan tepat.
Apa itu Asuransi?
Disini saya sebagai agen asuransi akan menjelaskan secara singkat padat dan jelas alur bagaimana asuransi itu bisa berguna untuk kita sebagai nasabah. Asuransi memiliki arti segala aspek perlindungan, baik perlindungan jiwa, perlindungan kesehatan, perlindungan finansial dimana melibatkan nasabah melakukan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu.
Seorang calon nasabah akan dihubungi untuk pertama kali oleh agen asuransi untuk melakukan janji ketemu, dimana tujuan janji ketemu adalah untuk menemukan kebutuhan manfaat yang diperlukan setiap calon nasabah, karena setiap perlindungan memiliki program yang berbeda harus sesuai dengan kebutuhan calon nasabah. Ketika seorang agen asuransi menemukan kebutuhan calon nasabah maka tugas berikutnya adalah memberikan solusi yang tepat untuk kebutuhan calon nasabahnya, jika memang kebutuhan calon nasabah adalah perlindungan jiwa maka solusi yang tepat adalah adanya Uang Pertanggungan dimana uang pertanggungan ini akan sangat dibutuhkan untuk ahli waris dari pemegang polis. Jikalau memang kebutuhan untuk kesehatan ada lagi solusi program yang tepat untuk calon nasabahnya. Barulah seorang agen asuransi akan menghubungi kembali ke calon nasabahnya untuk menjelaskan produk apa yang ditawarkan, karena premi akan ditentukan sesuai dengan kebutuhan dan profil setiap individu, biasanya ketika saya ditanya berapa minimum premi yang harus dibayarkan, misal saya menyebutkan satu nominal sebenarnya ini bukan solusi, karena bisa jadi dengan premi yang minimum akan sangat jauh kebutuhan yang dibutuhkan untuk calon nasabah tersebut, malah tidak akan menyelesaikan masalahnya. Jika seorang agen asuransi sudah menjelaskan produk yang ditawarkan kembali lagi kepada calon nasabah untuk berpikir, apakah sudah cocok dengan manfaatnya, ataukah sudah cocok dengan jumlah premi yang dibayarkan.
Ketika sudah mencapai kata “deal” calon nasabah menyetujui produk yang diambil dan sudah cocok dengan budjet premi nya maka akan terjadi penandatanganan kontrak dan seorang agen harus mendata profil setiap calon nasabah dengan baik, dan yang terpenting setiap pertanyaan yang diajukan oleh agen asuransi calon nasabah harus memberikan jawaban yang sejujur-jujurnya karena setiap pertanyaan yang diajukan akan berhubungan proses underwriting. Karena akan sangat erat sekali berhubungan apakah nanti kedepannya misal nasabah akan klaim manfaat bisa-bisa mendapatkan investigasi dan bisa terjadi klaim / manfaat tidak dibayarkan. Inilah yang sering terjadi baik di berita-berita ada klaim yang tidak dibayarkan, sebenarnya memang tetap harus dicari dulu kebenarannya apakah memang ada kesalahan dari awal pendataan dan syarat-syarat polis ataupun ada pihak perusahaan asuransi yang “nakalan” membuat alasan sehingga tidak harus membayarkan klaimnya.
Sesudah proses pendataan dan sudah melewatkan proses underwriting maka buku polis akan dicetak oleh perusahaan asuransi, dan sudah menjadikan kewajiban agen untuk menjelaskan ulang manfaat yang diambil oleh nasabah tersebut. Kalau diperusahaan yang saya tergabung yaitu di Manulife Indonesia, ada masa “free Look” setelah polis jadi, yaitu ada masa 14 hari kerja jika ternyata produk yang diambil tidak sesuai dengan profil yang diingini maka nasabah bisa membatalkan polis yang diambil.
Yang terpenting ketika seorang nasabah sudah menjadi nasabah perusahaan asuransi maka tugas utama seorang agen adalah membantu segala keperluan setiap nasabahnya, baik itu form klaim kesehatan, klaim dana tunjangan, pengambilan nilai polis, bahkan mengurus form klaim kematian untuk membantu ahli warisnya.
Demikian yang dapat saya bagikan gambaran umum tentang dunia asuransi, setelah ini saya akan membagikan informasi manfaat-manfaat apa saja ketika seorang membeli asuransi sesuai dengan kebutuhannya.
#JadiAndalan #KenapaNunggu #Mlifepreneur